Stik / Stick Tahu Khas Kediri

Stik / Stick Tahu adalah makanan ringan / snack yang terbuat dari tahu. Tahu yang terbuat dari kedelai pilihan tentunya akan menghasilkan rasa yang gurih dan lezat. Makanan ringan Stik Tahu ini menjadi andalan masyarakat Kediri Jawa Timur sebagai makanan ringan khas yang memiliki citarasa gurih, lezat dan sehat.

Stik Tahu Khas Kediri
Stik Tahu Khas Kediri

Kedelai
Kedelai merupakan sumber utama protein nabati. Kedelai menjadi salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan. Kedelai adalah tumbuhan yang serbaguna. Akarnya memiliki bintil pengikat nitrogen bebas, tanaman kedelai digunakan sebagai pupuk hijau dan pakan ternak. Pemanfaatan utama kedelai adalah dari biji. Biji kedelai kaya protein dan lemak serta beberapa bahan gizi penting lain, misalnya vitamin (asam fitat) dan lesitin. Olahan biji dapat dibuat menjadi menjadi produk olahan yang disebut tahu.

Kedelai Pilihan Untuk Bahan Dasar Tahu Kediri
Kedelai Pilihan Untuk Bahan Dasar Tahu Kediri
Tahu
Tahu adalah makanan yang terbuat dari endapan perasan biji kedelai yang difermentasi. Istilah "tahu" adalah serapan dari bahasa Hokkian (tauhu), yang secara harfiah berarti "kedelai yang terfermentasi"

Tahu Kediri
Tahu menjadi makanan khas Kediri Jawa Timur. Ada banyak produsen dan pedagang yang menjajakan tahu maupun makanan olahan dari tahu ini. Tahu produk Kediri di sebut Tahu Takwa / Takua / Tahu Kuning, yang memiliki citarasa khas yang berbeda dari tahu-tahu lainnya. Kediri seringkali disebut-sebut sebagai Kota Tahu. Di Kota ini produk olahan tahu yang paling populer yaitu Stik Tahu. Ada berbagai merk dari Stik Tahu yang beredar di pasaran. Salah satu merk yang paling direkomendasikan adalah STIK TAHU KEDIRI JAYA.

0 comments: