Kediri Kota Tahu

Kediri adalah sebuah kota di Propinsi Jawa Timur tepatnya terletak antara 07°45'-07°55'LS dan 111°05'-112°3' BT. Secara geografis wilayah Kota Kediri terbagi oleh sungai Brantas menjadi 2 bagian. Sebelah timur sungai dan barat sungai. Wilayah timur sungai merupakan dataran rendah sedangkan wilayah barat sungai adalah dataran tinggi. Bagian barat sungai ini merupakan lahan kurang subur yang sebagian masuk kawasan lereng Gunung Klotok dan Gunung Maskumambang.

Kediri Kota Tahu
Peta Kota Kediri
 
Kediri Kota Tahu
Sejak 1912 industri tahu di Kediri sudah dimulai. Perintisnya adalah Lauw Soen Hoek (Bah Kacung). Usaha industri tahunya tersebut dilanjutkan oleh anak cucunya dan produknya masih eksis hingga sekarang. Saat ini kendali perusahaan tahu Bah Kacung dipegang oleh sang cucu bernama Herman Budiono. “Tahu kami memang sedikit mahal dari tahu Kediri yang lain di jalan Patimura (dulu: Pejagalan Lor) karena kami memang menjaga mutu dan rasa, tahu Bah Kacung sama seperti dulu,” kata Herman.

Bah Kacung pelopor tahu kediri
Bah Kacung (pelopor Tahu Kediri)
Meski Bah Kacung telah meninggal dunia pada tahun 1963, namun kelezatan produk Tahu Bah Kacung yang melegenda di Kediri tersebut masih bisa kita nikmati hingga sekarang.

0 comments: